Minggu, 10 Juli 2011

Buah Kelapa

 
Manfaat Buah Kelapa:
1. Daging Buah Kelapa

Merupakan sumber protein yang mudah dicerna. kandungan zat dalam daging kelapa ini dapat diolah ,menjadi berbagai produk kebutuhan rumah tangga, seperti bumbu dapur, santan, kopra, minyak kelapa dan kelapa parut kering. Selain itu juga dapat sebagai bahan untuk margarin, es krim, bahan kosmetik,pelumas, kembang gula, shampoo, sabun cuci dan minyak rambut.

2. Air Kelapa

Mengandung mineral, gula, abu, air, dan dapat diolah menjadi sirop, nata de coco, cuka, kecap dan lain-lain.

3. Tempurung Kelapa

Dapat dimanfaatkan sebagai arang dan karbon aktif, selain itu juga sebagai barang kerajinan,alatrumah tangga dan alat kesenian lainnya, dapat dibuat juga tali pinggang, gelang,sendok, asbak, kancing baju serta perhiasan dinding.

4. Sabut Kelapa

Sabut kelapa dapat dijadikan sebagai bahan baku aneka industri, seperti karpet, sikat, keset, bahan pengisi jok mobil,dan tali. Sedangkan gabusnya dapat dibuat pot bunga, untuk sabut berkaret bisa dibuat batako, kasur dan meubeler.

5. Akar Kelapa

Akar kelapa telah banyak digunakan sebagai bahan baku karya seni, meubeler dan barangkerajinan. Dari akar kelapa pula dapat dihasilkan obat-obatan dan zat warna.

6. Batang Kelapa

Batang kelapa yang sudah tua dapat dignakan sebagai bahan bangunan, jembatan, kerangka papan perahu atau kayu bakar. Batang kelapa juga dapat juga digunakan sebagai bahan industri kerajinan seperti gagang cangkul, patung, tempat buah, asbak, hiasan dinding dan meubeler.

7. Daun Kelapa

Daun kelapa muda untuk kemasan masakan tradisional seperti ketupat atau hiasan janur. Sedangkan daun kelapa tua untuk atap, sapu lidi, tusuk sate, tikar, topi, dan keranjang.

8. Bunga Kelapa

Mayang bunga kelapa yang belum mekar dapat disadap untuk menghasilkan nira kelapa. Nira dapat bermanfaat untuk pembuatan cuka, nata de coco, ragi, minuman beralkohol dan bahan dekorasi.

9. Pelepah Kelapa

Dapat dibuat sebagai industri kerajinan, seperti topi, kipas dan gabus serta bahan bakar.
 
 
Beberapa penyakit yang dapat diatasi dan cara pengolahannya, seperti:
a. Mengatasi keracunan: Parut buah kelapa yang sudah tua, peras santannya, dan minum sampai habis. Akan lebih baik lagi jika santan dicampur dengan air kelapa.

b. Menghilangkan Panas Dalam: Petik 1 butir kelapa hijau, tuangkan airnya dalam gelas lalu campur dengan sebutir telur ayam mentah. Aduk hingga rata, lalu minum sampai habis.

c. Menurunkan Panas: Siapkan 1 gelas air kelapa muda, campur dengan 1 sendok madu. Diaduk rata, dan minum 2x sehari, masing-masing 1 gelas untuk dewasa, atau 1/2 gelas untuk anak di bawah lima tahun.

d. Penyakit Kencing Batu: Petik 1 butir kelapa hijau,kupas sabutnya hingga menyisakan lapisan tipis yang melekat pada tempurung (batok). Lalu buat lubang diatas sebesar 5 - 6 cm, bakar di atas api hingga mendidih. Setelah dingin, diminum sekaligus. Lakukan 1x sehari. Cara lain, lubangi sebutir kelapa hijau, masukkan sebutir telur ayam, kocok hingga rata, minum langsung dari lubang kelapa itu.

e. Penyakit Kolera: Petik 1 butir kelapa hijau, potong bagian atas dan bawahnya. Buat lubang dibagian atasnya. Panaskan di atas api hingga airnya mendidih selama 10 menit. Setelah dingin diminum airnya 2x sehari.

f. Rambut rontok: Petik 1 butir kelapa hijau yang masih muda, potong bagian bawah dan atasnya. Buat lubang di bagian atas. Beri garam sedikit. Embunkan selama 1 malam di luar rumah. Pergunakan airnya untuk membasahi kulit kepala sambil dipijat-pijat, pada sore hari sesudah mandi.

g. Demam akibat sengatan atau gigitan serangga: Minum air kelapa hijau sebanyak-banyaknya.

h. Nyeri menjelang haid: Air kelapa dicampur dengan gula kelapa. Minum 2x sehari selama 3 hari berturut-turut menjelang haid.

i. Alergi (karena cuaca): Petik 1 butir kelapa hijau, tuangkan airnya dan campur dengan 1/4 gelas madu murni. Aduk hingga rata dan minum selama 3 hari berturut-turut.

j. Sukar tidur (Insomania): Ambil 5 potong akar pohon kelapa hijau (@ 4 cm), kemudian cuci dan potong-potong. Lalu rebus dengan segelas air sampai airnya tinggal setengah. Saring, dan kemudian minum setengah cairan itu sebelum tidur.

k. Cacing Kremi: Ambil 1/4 daging kelapa hijau dan 1 wortel diparut, campur kedua bahan ini dengan segelas air, peras, dan saring. Sebaiknya diminum malam hari sebelum tidur.

l. Mencegah uban: Daging dari 1 butir kelapa hijau diparut, peras santannya. Beri garam biarkan semalam. Pakai untuk keramas.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar