Sabtu, 31 Desember 2011

Piaggio Liberty 150 ie


Desain Piaggio Liberty 150 ie

Piaggio Liberty 150 ie memiliki desain yang cukup unik dan elegan dengan garis tegas di sisi kiri dan kanan. Desain di bagian depan, dan tengah sangat aerodinamis dengan melancip ke belakang. Dan seperti menanggalkan desain sebelumnya, Piaggio meletakkan logo P di bagian depan motor.

Beralih ke desain speedometer. Desainnya cukup berbeda dari skutik kebanyakan. Meski masih menggunakan jarum untuk penunjuk kecepatan dan isi bahan bakar, juga terdapat jam digital di speedometer skutik satu itu.

Sedangkan bodinya cukup mungil. Untuk pengendara yang memiliki tinggi badan 167 cm sepertinya sangat cocok menggunakan skutik berdimensi panjang 1.930 mm dan lebar 705 mm. Dengan ukuran yang sudah dirancang khusus itu tidak membuat pengendara kesulitan memijakkan kaki ke aspal.

Selain itu aksen chrome di beberapa bagian seperti di head lamp, spion menambah kesan mewah. Sedangkan pelek palang 10 memperkental skutik menjadi lebih elegan. Asyiknya ada bagasi di bawah jok.

Desain tersebut sepertinya sudah diperhitungkan oleh pihak produsen motor untuk konsumen berjiwa muda. Konsepnya sesuai dengan arti dari nama motornya yakni kebebasan.

Mesin 149,5 cc

Liberty mengandalkan mesin 149,5 cc yang bisa melontarkan tenaga 8,6 kW pada 8.000 RPM dan torsi 11,2 Nm pada 6.250 RPM. Mesin satu ini cukup responsif. Ketika membuka gas, mesin langsung merespons dengan apik.

Tapi sayang, seperti skutik lainnya cukup sulit untuk mencapai kecepatan tinggi meski sempat menyentuh angka 120 km/jam. Skutik yang didatangkan dari Vietnam satu ini tergolong sulit meski mesinnya sudah 150cc.

Namun asyiknya ketika melibas di kecepatan tinggi, motor cukup mantap.

Suspensi Piaggio Liberty 150 ie

Sementara suspensinya terbilang lembut. Ketika melibas aspal rusak, suspensi depan dan belakangnya sanggup meredamnya dengan sangat baik. Suspensi itu lebih baik lagi ketika diperkuat dengan pelek 15 inci yang dibalut ban 80/90 (depan) dan 14 inci yang dibalut 100/80 (belakang).

Perpaduan tersebut juga membuat handling motor terasa lebih nyaman dan tidak oleng. Nah, setelah 2 hari merasakan Piaggio Liberty 150 ie, skutik ini ternyata cukup irit bahan bakar. Dalam uji coba di jalan bervariasi, skutik bisa dengan 1 liter BBM untuk menjangkau jarak sejauh 25 km.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar